Lampung Selatan, M-TJEK NEWS, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Rejomulyo Kecamatan Tanjung Bintang, Serka Robby Mizwar bersama Pemerintah Desa (Pemdes) setempat pantau persiapan lomba siskamling, pada Selasa malam (13/8/2024).

Kegiatan lomba Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) ini dilakukan dalam rangka menyambut HUT RI yang ke 79 dan diikuti oleh seluruh desa yang ada di Kecamatan Tanjung Bintang.

Diwawancarai wartawan, Serka Robby Mizwar mengatakan, siskamling merupakan pengamanan swakarsa yang berasaskan budaya kepaguyuban dan gotong-royong yang menjiwai masyarakat Indonesia khususnya di wilayah pemukiman.

” Siskamling ini harus dilestarikan dan terus ditumbuh kembangkan ditengah masyarakat kita, guna menjaga situasi Kamtibmas di desa,” Jelas Serka Robby Mizwar, Selasa (13/8/2024).

Serka Robby Mizwar melanjutkan, minimal di Pos Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) harus mempunyai beberapa peralatan untuk pengamanan.

” Ya, di pos kamling harus mempunyai alat sederhana, seperti kentongan, papan tanda tanda sandi kentongan, pentungan sebagai alat untuk melindungi diri, buku absensi dan mutasi, lampu senter dan juga borgol,” Kata dia.

Serka Robby Mizwar juga menyampaikan kepada warga binaannya, agar cepat memberikan informasi kepada Babinsa ataupun Bhabinkamtibmas jika ada orang tidak dikenal dan mencurigakan masuk ke Desa Rejomulyo Kec. Tanjung Bintang.

” Jika ada orang tidak dikenal, dan mencurigakan masuk ke Desa Rejomulyo tengah malam, mohon ditanya keperluannya apa. Jangan ragu, ketika gelagat orang tersebut mencurigakan, segera hubungi kami sebagai Babinsa atau hubungi Bhabinkamtibmas,” Tegas Serka Robby Mizwar.

Dirinya berharap, giat Siskamling di desa binaannya tidak hanya sebatas untuk perlombaan saja, namun bisa terus berlanjut.

” Semoga masyarakat kita sadar akan Kamtibmas, sehingga terwujudlah situasi yang aman dan nyaman di desa kita dengan digalakkannya siskamling ini,” Tutupnya. (*)