Lampung Selatan, M-TJEK NEWS, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung Selatan menggelar sosialisasi tentang pengawasan partisipatif di SMA Negeri 2 Kalianda, pada Rabu (18/9/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa mengenai pentingnya pengawasan dalam proses Pilkada serta peran aktif mereka sebagai generasi muda dalam menjaga demokrasi.

Acara yang dihadiri oleh siswa-siswi Kelas XII ini menghadirkan narasumber dari Bawaslu yang menjelaskan mengenai fungsi dan tugas pengawas pemilu, serta cara-cara untuk berpartisipasi dalam proses pengawasan. Peserta juga diajak berdiskusi dan bertanya mengenai berbagai isu seputar Pilkada.

Foto Dok Bawaslu Lamsel : Sesi Foto bersama Bawaslu Lamsel dengan Siswa-siswi SMA Negeri 2 Kalianda, usai kegiatan sosialisasi Pengawas Partisipatif, Rabu (18/9/2024).

Ketua Bawaslu Lampung Selatan, Wazzaki, S.H, mengatakan dengan adanya kegiatan tersebut, pihaknya berharap agar siswa-siswi dapat aktif terlibat dalam proses demokrasi di Bumi Khagom Mufakat.

” Melalui sosialisasi ini, kami berharap generasi muda dapat memahami pentingnya pengawasan dalam pemilihan. Keterlibatan aktif mereka sangat penting untuk memastikan proses demokrasi yang adil dan transparan,” Tutur Wazzaki dalam sambutannya.


Baca Juga : Bawaslu Lamsel Buka Pendaftaran 1.592 Pengawas TPS Pilkada 2024


Terpantau dilokasi, siswa-siswi sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Banyak dari mereka yang menyatakan keinginan untuk terlibat lebih lanjut dalam kegiatan pengawasan pemilihan di masa mendatang.

” Ya, antusiasme peserta terlihat jelas, saat mereka berinteraksi dengan narasumber. Dan ada beberapa siswa SMA N 2 Kalianda yang sudah terlibat dalam kegiatan Adhiyasta Pemilu atau Pemilihan,” Jelas Wazzaki kepada Wartawan. 

Adhiyasta pemilu itu, lanjut Wazzaki adalah kegiatan peran serta masyarakat yang berkaitan dengan Pengawasan Pemilu atau Pemilihan dalam rangka menjaga kualitas penyelenggara pemilu atau pemilihan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.


Baca Juga : Komposisi Dukungan Parpol dalam Pilkada Lamsel 2024: Duel Menarik Antara Dua Pasangan Calon


Dia menambahkan, dengan adanya kegiatan ini, semoga masyarakat atau kelompok dapat menjadi Pengawas Partisipatif dalam Pilkada 2024 Lampung Selatan.

” Kami harap, kemudian masyarakat akan dapat menjadi Pengawas Partisipatif. Jadi, masyarakat atau kelompok dapat berperan aktif dalam mengawasi jalannya proses pemilu,” Jelasnya. 

Mereka juga dapat melibatkan diri dalam berbagai kegiatan, seperti pemantauan pemungutan suara, penghitungan suara, dan pelaporan pelanggaran.

” Melalui partisipasi dari masyarakat seperti itu, diharapkan proses demokrasi berjalan transparan dan akuntabel,” Tutupnya. 

Bawaslu Lampung Selatan berkomitmen untuk terus mengadakan sosialisasi serupa di berbagai sekolah untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilihan. (Redaksi)