Syarat dan Ketentuan

MOHON ANDA MEMBACA KETENTUAN PENGGUNAAN DAN KEBIJAKAN PRIVASI KAMI DENGAN SEKSAMA SEBELUM MENGGUNAKAN APLIKASI ATAU LAYANAN KAMI UNTUK PERTAMA KALI.

A. HAL-HAL UMUM

1. Aplikasi M-TJEK adalah aplikasi layanan ojek lokal berbasis tekhnologi.

2. Aplikasi ini merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai sarana untuk menemukan layanan yang disediakan oleh pihak Kedua. Aplikasi ini menawarkan informasi tentang layanan yang ditawarkan oleh Penyedia Layanan. Jenis layanan yang dapat diminta melalui Aplikasi diantaranya adalah:
a. Ojek Motor, Ojek Mobil,Pesan Antar Makanan/Minuman,Pembelanjaan Pribadi,Kirim Barang isi Pulsa;, dan Layanan lain yang dapat kami tambahkan dari waktu ke waktu.

3. Penyedia Layanan memiliki kebijakan sendiri dan menyeluruh untuk menerima atau menolak setiap permintaan Anda atas Layanan. Penyedia Layanan juga memiliki kebijakannya sendiri dan menyeluruh untuk memilih dan menerima arahan-arahan yang diberikan oleh Aplikasi tersebut. Jika Penyedia Layanan menerima permintaan Anda, Aplikasi akan memberitahu Anda dan memberikan informasi mengenai Penyedia Layanan – termasuk nama Penyedia Layanan, nomor polisi kendaraannya, dan penilaian pelayanan pelanggan – dan kemampuan untuk menghubungi Penyedia Layanan melalui telepon. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk melihat perkembangan Penyedia Layanan menjuju titik penjemputan, secara langsung/real time.

4. UNTUK MENGHINDARI KERAGU-RAGUAN, KAMI BUKAN PERUSAHAAN TRANSPORTASI.

Kami tidak mempekerjakan Penyedia Layanan dan kami tidak bertanggung jawab atas setiap tindakan dan/atau kelalaian Penyedia Layanan. Aplikasi ini hanya merupakan sarana untuk memudahkan pencarian atas Layanan. Tergantung pada Penyedia Layanan untuk menawarkan Layanan kepada Anda dan tergantung pada Anda apakah Anda akan menerima tawaran Layanan dari Penyedia Layanan.

B. KETENTUAN UNTUK MENGGUNAKAN APLIKASI

1. Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda adalah individu yang secara hukum berhak untuk mengadakan perjanjian yang mengikat berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia, khususnya Ketentuan Penggunaan, dan mengikatkan diri pada Ketentuan Penggunaan ini dan mendaftarkan untuk Layanan dan Aplikasi.

2. Kami mengumpulkan dan memproses informasi pribadi Anda, seperti nama, alamat surat elektronik (surel/ e-mail), dan nomor telepon seluler Anda ketika Anda mendaftar. Anda harus memberikan informasi yang akurat dan lengkap, memperbaharui informasi dan setuju untuk memberikan kepada kami bukti identitas apapun yang secara wajar dapat kami mintakan. Jika informasi pribadi yang Anda berikan kepada kami ada yang berubah, misalnya, jika Anda mengubah alamat surel, nomor telepon, atau jika Anda ingin membatalkan akun Anda, mohon perbaharui rincian informasi Anda dengan mengirimkan permintaan Anda kepada kami.

3. Anda hanya dapat menggunakan Aplikasi ketika Anda telah mendaftar pada Aplikasi tersebut. Setelah Anda berhasil mendaftarkan diri, Aplikasi akan memberikan Anda suatu akun pribadi yang dapat diakses dengan kata sandi yang Anda pilih.

4. Hanya Anda yang dapat menggunakan akun Anda sendiri dan Anda berjanji untuk tidak memberikan wewenang kepada orang lain untuk menggunakan identitas Anda atau menggunakan akun Anda. Anda tidak dapat menyerahkan atau mengalihkan akun Anda kepada pihak lain. Anda harus menjaga keamanan dan kerahasiaan kata sandi akun Anda dan setiap identifikasi yang kami berikan kepada Anda. Dalam hal terjadi pengungkapan atas kata sandi Anda, dengan cara apapun, yang mengakibatkan setiap penggunaan yang tidak sah atau tanpa kewenangan atas akun atau identitas Anda, pesanan yang diterima dari penggunaan yang tidak sah atau tanpa kewenangan tersebut masih akan dianggap sebagai pesanan yang sah, kecuali Anda memberitahu kami tentang mengenai hal tersebut sebelum Penyedia Layanan memberikan Layanan yang diminta.

5. Anda hanya dapat memiliki satu akun M-TJEK.

6. Informasi yang diberikan oleh Aplikasi tidak dapat diartikan sebagai suatu saran atau penawaran, keputusan untuk menggunakan Penyedia Layanan sepenuhnya berada di tangan Anda. Anda bebas untuk memilih untuk menggunakan penyedia layanan lainnya.

7. Anda berjanji bahwa Anda akan menggunakan Aplikasi hanya untuk tujuan yang dimaksud untuk mendapatkan Layanan. Anda tidak diperbolehkan untuk menyalahgunakan atau menggunakan Aplikasi untuk tujuan penipuan atau menyebabkan ketidak nyamanan kepada orang lain , Jika melakukan pemesanan palsu akan diproses sesuai hukum dan membayar denda minimal 1.000.000 kepada M-TJEK

8. Jika Anda juga adalah seorang Penyedia Layanan, Anda tidak dapat menggunakan akun konsumen Anda sendiri (atau akun milik konsumen orang lain) untuk melakukan pemesanan yang akan Anda terima sendiri sebagai seorang pengemudi.

9. Anda akan menjaga kerahasiaan dan tidak akan menyalahgunakan informasi yang Anda terima dari penggunaan Aplikasi tersebut. Anda akan memperlakukan Penyedia Layanan dengan hormat dan tidak akan terlibat dalam perilaku atau tindakan yang tidak sah, mengancam atau melecehkan ketika menggunakan layanan mereka.

10. Anda memahami dan setuju bahwa penggunaan Aplikasi oleh Anda akan tunduk pula pada Kebijakan Privasi kami sebagaimana dapat diubah dari waktu ke waktu. Dengan menggunakan Aplikasi, Anda juga memberikan persetujuan sebagaimana dipersyaratkan berdasarkan Kebijakan Privasi kami.

11. Dengan memberikan informasi kepada kami, Anda menyatakan bahwa Anda berhak untuk memberikan kepada kami informasi yang akan kami gunakan dan berikan kepada Penyedia Layanan.

12. Aplikasi tidak boleh dipergunakan untuk mencari Layanan untuk:
a. mengangkut dan/atau memperoleh dan/atau membeli barang yang dilarang oleh pejabat yang berwenang atau barang yang memerlukan lisensi atau izin tertentu dari pejabat yang berwenang untuk dikirimkan; b. mengangkut barang dari dan ke penjara.
c. membeli dan/atau mengangkut binatang peliharaan atau binatang lain.
d. mengangkut barang-barang dengan dimensi lebih dari 70 cm (panjang), 50 cm (lebar), 50 cm (tinggi) atau barang-barang yang beratnya lebih dari 60 kg.
e. membeli dan/atau mengangkut barang-barang ilegal atau berbahaya atau barang-barang curian, termasuk namun tidak terbatas pada barang-barang yang mengandung bahan berbahaya atau beracun, obat-obatan atau material terlarang/ilegal
f. membeli dan/atau mengangkut atau mengirimkan barang-barang berharga atau barang yang bernilai lebih dari Rp1.000.000,-

13. Anda harus memberikan kepada kami informasi yang akurat dan lengkap mengenai jenis, ukuran, spesifikasi dan/atau setiap karakteristik khusus dari makanan atau barang yang akan dikirimkan dengan layanan Kurir atau dibeli dengan layanan Pengiriman Makanan atau layanan Pembelanjaan Pribadi.

14. Anda harus mengemas dengan benar barang-barang yang rapuh, seperti gelas, keramik, kue atau makanan, untuk pengiriman. Kami maupun Penyedia Layanan tidak akan bertanggung jawab atas segala kerusakan, perubahan bentuk, pembengkokan, kadaluwarsa, pembusukan, bau, tumpahan atau ketidaklengkapan lain dari produk selama pengiriman yang disebabkan oleh kemasan atau pembungkusan yang kurang baik/sesuai.

15. Penyedia Layanan dapat meminta Anda untuk membuka dan menunjukkan bagian dalam suatu paket untuk memastikan bahwa isinya adalah seperti yang Anda nyatakan. 16. Penyedia Layanan berhak untuk menolak pesanan Anda jika menurut penilaian pribadi Penyedia Layanan, ia mungkin tidak dapat melakukan pengiriman barang.

17. Anda menyatakan bahwa Anda telah, adalah, atau akan menjadi pemilik yang sah atas barang yang akan dikirimkan. Barang yang dikirim bukan barang curian atau diperoleh secara tidak sah dan Anda setuju untuk menjaga, mengganti kerugian dan membebaskan kami dan kami tidak bertanggung jawab atas barang yang dikirimkan oleh Penyedia Layanan yang mungkin melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku.

18. Kami dan/atau Penyedia Layanan yang terkait berhak menolak untuk menerima pesanan Anda jika kami memiliki alasan yang wajar untuk mencurigai bahwa Anda telah, atau dengan menerima pesanan dari Anda, Anda akan melanggar Ketentuan Penggunaan ini atau hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

19. Kami dapat, berdasarkan kebijakan kami, memberikan promosi-promosi yang dapat ditukar untuk manfaat terkait dengan penggunaan Aplikasi. Anda setuju bahwa Anda hanya akan menggunakan promosi tersebut sebagaimana promosi tersebut dimaksudkan dan tidak akan menyalahgunakan, menggandakan, menjual atau mengalihkan promosi tersebut dengan cara apapun. Anda juga memahami bahwa promosi tidak dapat ditukarkan dengan uang tunai dan dapat berakhir pada tanggal tertentu, bahkan sebelum Anda menggunakannya.

20. Untuk ketentuan Layanan Pembelanjaan Pribadi, Anda menyatakan bahwa barang yang akan dibeli dan dkirimkan oleh Penyedia Layanan adalah barang yang sah dan tidak melanggar hukum dan perundang-undangan yang berlaku dengan cara apapun. Anda setuju untuk menjaga, mengganti kerugian dan membebaskan kami dan kami tidak bertanggung jawab atas barang yang dibeli oleh Penyedia Layanan atas nama Anda dan diberikan kepada Anda yang mungkin dapat melanggar hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

21. Anda mengakui dan setuju untuk memberikan kepada Penyedia Layanan kuasa dan wewenang untuk mengambil barang-barang atau makanan, melakukan suatu pembelian atas nama Anda untuk setiap pemesanan di layanan Kurir, Pengiriman Makanan, atau Pembelanjaan Pribadi.

22. Kami tidak menjamin ketersediaan barang pesanan di toko/restoran dan pengiriman barang-barang yang rapuh/mudah rusak seperti kue dan es krim.

23. Kami tidak bertanggung jawab atas kualitas makanan dan/atau barang yang disediakan oleh restoran-restoran dan/atau toko dalam layanan Pengiriman Makanan dan Pembelanjaan Pribadi.

24. Anda mengakui dan memahami bahwa harga makanan atau barang yang ditampilkan di layanan Pengiriman Makanan atau Pembelanjaan Pribadi adalah merupakan perkiraan dan dapat berubah dari waktu ke waktu.

25. Mohon menginformasikan kepada kami jika Anda tidak lagi memiliki kontrol atas akun Anda, sebagai contoh akun Anda dengan cara bagaimanapun diretas (hack) atau telepon Anda dicuri, sehingga kami dapat membatalkan akun Anda dengan sebagaimana mestinya. Mohon diperhatikan bahwa Anda bertanggung jawab atas penggunaan akun Anda dan Anda mungkin dapat dimintakan tanggung jawabnya meskipun jika akun Anda tersebut disalahgunakan oleh orang lain.

C. PEMBAYARAN

1. Pengunduhan dan/atau penggunaan Aplikasi ini adalah bebas biaya. Kami dapat memperkenalkan pengenaan biaya untuk pengunduhan dan/atau penggunaan Aplikasi di setiap saat. Kami akan memberitahu anda tentang hal ini sebagaimana mestinya agar anda dapat memutuskan apakah anda ingin terus menggunakan Aplikasi tersebut atau tidak. Namun demikian, koneksi internet yang dibutuhkan untuk menggunakan Layanan, dan setiap biaya terkait (misalnya biaya data ponsel) yang ditimbulkan oleh penggunaan Layanan tersebut adalah tanggung jawab eksklusif anda dan semata-mata dibebankan kepada anda.

2. Tarif yang berlaku untuk Layanan oleh Penyedia Layanan dapat ditemukan pada Situs dan melalui Aplikasi. Kami dapat mengubah atau memperbaharui tarif dari waktu ke waktu. Kami akan membantu Penyedia Layanan untuk menghitung biaya berdasarkan pesanan anda dan memberitahu anda tentang biaya atas nama Penyedia Layanan.

3. Anda setuju bahwa anda akan membayar Layanan yang diberikan kepada anda oleh Penyedia Layanan secara penuh.

4. Pembayaran dapat dilakukan secara tunai atau dengan menggunakan Saldo M-TJEK anda. Semua pembayaran tunai harus dilakukan dalam Rupiah. Saldo M-TJEK dapat diperoleh dengan mentransfer jumlah yang anda inginkan ke rekening kami.

5. Saldo M-TJEK adalah dana Anda yang hanya dapat digunakan untuk pembayaran:
a. Layanan Kurir dan Transportasi yang disediakan oleh Penyedia Layanan; dan b. Biaya dari Penyedia Layanan dalam pelayanan Pembelanjaan Pribadi.

6. Ketika anda meminta untuk menggunakan Saldo M-TJEK sebagai alat pembayaran atas Layanan, anda dengan ini mengakui dan setuju untuk memberikan kami kuasa dan kewenangan penuh untuk memotong Saldo M-TJEK anda dan mentransfer uang atas nama anda untuk membayar Layanan yang disediakan oleh Penyedia Layanan.

7. Setiap pemesanan layanan Pengiriman Makanan atau layanan Pembelanjaan Pribadi untuk barang atau makanan dengan total harga lebih dari Rp1.000.000,- (satu juta rupiah) harus dibayar tunai dimuka kepada Penyedia Layanan sebelum pelaksanaan Layanan.

D. JAMINAN

Kami tidak memberikan pernyataan, jaminan atau garansi untuk dapat diandalkannya, ketepatan waktu, kualitas, kesesuaian, ketersediaan, akurasi atau kelengkapan dari Layanan, Situs web dan/atau perangkat lunak Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada Layanan yang diperoleh atau berasal dari Penyedia Layanan melalui penggunaan Aplikasi tersebut. Anda mengakui dan menyetujui bahwa seluruh risiko yang timbul dari penggunaan Layanan oleh anda tetap semata-mata dan sepenuhnya ada pada anda dan anda tidak akan memiliki hak untuk meminta ganti rugi apapun dari Kami.

E. TANGGUNG JAWAB KAMI

1. Kami tidak bertanggung jawab atas setiap cidera, kematian, kerusakan atau kerugian yang disebabkan oleh perilaku dari para Penyedia Layanan. Kami juga tidak bertanggung jawab atas kesalahan, termasuk pelanggaran lalu lintas, atau tindakan kriminal yang dilakukan oleh Penyedia Layanan selama pelaksanaan Layanan. Penyedia Layanan hanya merupakan mitra kerja kami, bukan pegawai, agen atau perwakilan kami.

2. Namun, kami peduli akan keselamatan pengguna Aplikasi, mohon mengingatkan Penyedia Layanan jika anda merasa tidak nyaman dengan cara Penyedia Layanan menyediakan layanan transportasi.

3. Kami tidak memiliki asuransi untuk barang yang dikirimkan dan oleh karena itu jika anda ingin barang tersebut diasuransikan selama pengiriman, silakan anda menghubungi penyedia asuransi anda.

4. Kami menggunakan cara-cara teknis dan keamanan yang tepat dan wajar untuk menjaga Aplikasi aman dan terbebas dari virus dan kesalahan. Namun demikian, bagaimanapun efektifnya teknologi ini, tidak ada sistem keamanan yang tidak dapat ditembus. Oleh karena itu kami tidak dapat menjamin keamanan database kami dan kami juga tidak dapat menjamin bahwa informasi yang anda berikan tidak akan ditahan/terganggu saat sedang dikirimkan kepada kami.

5. Aplikasi ini dapat mengalami keterbatasan, penundaan, dan masalah-masalah lain yang terdapat dalam penggunaan internet dan komunikasi elektronik, termasuk perangkat yang digunakan oleh anda atau Penyedia Layanan rusak, tidak terhubung, berada di luar jangkauan, dimatikan atau tidak berfungsi. Kami tidak bertanggung jawab atas keterlambatan, kegagalan pengiriman, kerusakan atau kerugian yang diakibatkan oleh masalah-masalah tersebut.

F. PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB

1. Setiap tuntutan terhadap kami dalam hal apapun oleh anda, akan dibatasi dengan jumlah total yang sebenarnya dibayar oleh dan/atau terhutang pada Anda ketika menggunakan Layanan selama peristiwa yang menimbulkan klaim tersebut. Dalam hal apapun kami dan/atau pemberi lisensi kami tidak akan bertanggung jawab kepada anda atau siapa pun atas biaya, bunga, kerusakan atau kerugian dalam segala jenis atau bentuk (termasuk cidera pribadi, gangguan emosi dan hilangnya data, barang, pendapatan, keuntungan, penggunaan atau keuntungan ekonomi lainnya). Kami dan/atau pemberi lisensinya tidak akan bertanggung jawab atas kerugian, kerusakan atau cidera yang mungkin ditimbulkan oleh atau disebabkan oleh anda atau pada setiap orang untuk siapa anda telah memesan Layanan, termasuk namun tidak terbatas pada kerugian, kerusakan atau cidera yang timbul dari, atau dengan cara apapun sehubungan dengan Layanan dan/atau Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan atau ketidakmampuan untuk menggunakan Layanan dan/atau Aplikasi.

2. Anda secara tegas mengesampingkan dan melepaskan kami dari setiap dan semua kewajiban, tuntutan atau kerusakan yang timbul dari atau dengan cara apapun sehubungan dengan Penyedia Layanan. Kami tidak akan menjadi pihak dalam sengketa, negosiasi sengketa antara anda dan Penyedia Layanan. Tanggung jawab untuk keputusan yang anda buat atas Layanan yang ditemukan melalui Aplikasi merupakan tanggung jawab dan melekat seutuhnya dengan dan pada anda. Anda secara tegas mengesampingkan dan melepaskan kami dari setiap dan semua kewajiban, tuntutan, penyebab tindakan, atau kerusakan yang timbul dari penggunaan Layanan, perangkat lunak dan/atau Aplikasi, atau dengan cara apapun terkait dengan Penyedia Layanan yang diperkenalkan kepada anda melalui Aplikasi.

3. Kualitas Layanan yang diperoleh melalui penggunaan Aplikasi ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penyedia Layanan yang pada akhirnya memberikan Layanan untuk anda. Anda memahami, oleh karena itu, bahwa dengan menggunakan Aplikasi ini, Anda dapat dihadapkan pada transportasi yang berpotensi berbahaya, ofensif, berbahaya bagi anak di bawah umur, tidak aman atau tidak pantas, dan bahwa Anda menggunakan layanan atas risiko anda sendiri.

H. PENGAKHIRAN

1. Anda tidak berkewajiban untuk menggunakan Aplikasi dan dapat memilih untuk berhenti menggunakannya setiap saat dengan membatalkan akun anda dan secara permanen menghapus aplikasi dari perangkat anda, sehingga menonaktifkan penggunaan Aplikasi tersebut. Ketentuan Penggunaan secara otomatis berakhir ketika anda secara permanen menghapus aplikasi dari perangkat.

2. Anda dapat mengakhiri akun anda dengan memberitahu kami maksud anda untuk membatalkan akun anda. Kami akan mencoba untuk melakukan yang terbaik untuk menyelesaikan penghentian, termasuk mengembalikan Saldo M-TJEK anda.

3. Kami berhak untuk segera menangguhkan, membatasi atau menghentikan Ketentuan Penggunaan dan penggunaan Aplikasi jika kami memiliki alasan untuk mencurigai bahwa anda telah melanggar ketentuan dari Ketentuan Penggunaan ini atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.

4. Jika anda secara permanen menghapus aplikasi atau berhenti menggunakan Aplikasi secara permanen, melalui pemberitahuan kepada kami dalam 14 (empat belas) hari kerja sebelum penghapusan atau penghentian, saldo M-TJEK anda dapat ditarik, namun terbatas pada nilai uang elektronik anda dan tidak termasuk jumlah nilai yang setara dengan nilai uang…

Update 15 November 2023