BANDAR LAMPUNG, M-TJEK NEWS — Untuk kesekian kali, warga Kota Bandarlampung mengeluhkan Pelayanan Masyarakat Duduk Manis (Permen Manis) Disdukcapil setempat. Digadang-gadang pelayanan serba mudah dan cepat, kenyataannya sulit dan molor.

“Aplikasi milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) itu sulit diakses, lelet, ” ujar Agus, warga Kecamatan Sukarame, Senin (5/8/2024).

Dia mengaku kesulitan saat mengakses aplikasi Permen Manis. “Saya mau buat akte kelahiran, dateng ke Gedung Satu Atap Pemkot Bandarlampung, tapi sulit sekali membuka aplikasinya,” katanya.

Agus beberapa kali gagal men mengupload data yang diminta oleh aplikasi Permen Manis. “Setelah dibuka, mau upload persyaratan yang diminta sama aplikasi gagal terus, padahal datanya udah ada, jadi harus beberapa kali dulu baru berhasil di upload,” ungkapnya.

Selain itu, Agus juga menyampaikan pelayanan Gedung Satu Atap Kota Bandarlampung kurang ramah. “Pelayanannya juga kurang ramah, terus dilayani sama anak Praktik Kerja Lapangan (PKL) juga,” ujarnya.

Para petugas setempat terkesan oper-operan. “Saya kirai jika sudah ada aplikasi jadi lebih mudah, ternyata sama aja,” ujarnya.

Ia pun berharap Dinas Disdukcapil dan Pemerintah Kota Bandarlampung dapat memperbaiki aplikasi Permen Manis tersebut. “Semoga segera diperbaiki sama pemkot, sehingga masyarakat yang mau ngurus berkas-berkas disana tidak kesulitan lagi,” tukasnya